Beli Sekarang

https://shopee.co.id/?utm_source=an_11146330000&utm_medium=affiliates&utm_campaign=4fmaibgfywmy-&utm_content={clickid}-{psn}---

Selasa, 16 Februari 2016

Tips Modifikasi Motor Dengan Biaya Terbatas

Sepeda motor rakitan pabrikan ternyata belum cukup memuaskan batin beberapa pengendara. Mereka pun tak sungkan mengeluarkan biaya ekstra untuk modifikasi motorkesayangan. Pengubahan pada kendaraan roda dua tidak dilakukan secara besar-besaran, umumnya pengendara hanya memodifikasi sesuai kebutuhan. Selama ini masyarakat luas enggan mengubah motor standar pabrikan karena beberapa alasan tertentu, salah satunya adalah terkendala biaya.

Harus diakui memang bila modifikasi motor memerlukan biaya tambahan. Akan tetapi, semua tergantung tujuan dan kebutuhan. Bila hanya fokus pada mesin agar tarikan lebih responsif dan mantap, maka biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Bagaimana mengubah sepeda motor kesayangan? Apa saja yang harus dipersiapkan? Langkah pertama yaitu menentukan konsep modifikasi yang bertujuan untuk memperoleh hasil maksimal. Pilih sebuah konsep yang bisa disesuaikan dengan jenis sepeda motor. Pilihan paling digemari pelaku modifikasi yaitu futuristik dan klasik, namun ada pula yang mengusung konsep fantasi seperti meniru kendaraan milik superhero atau terinspirasi film. Mengubah jerohan mesin memang menyenangkan meski memakan banyak biaya. Modifikasi tampilan bodi motor menjadi pilihan yang sangat cocok untuk kegiatan harian. Adapun hal sederhana yang bisa dilakukan pengendara yaitu memasang stiker atau mengubah warna motor dengan teknik air brush.

Memasang aksesoris yang sudah dijual di pasaran merupakan salah satu cara memodifikasi motor yang hemat biaya. Umumnya, aksesoris dibuat langsung dari pihak pabrikan yang sudah sesuai standar. Harganya jauh lebih murah dibandingkan aksesoris buatan pihak lain yang tidak sesuai standar dan jenis motor. Dalam modifikasi motor kesayangan, ada beberapa hal yang harus dihindari karena menimbulkan bahaya. Salah satunya yaitu mengubah bagian sasis secara ekstrem. Selain memakan banyak biaya, pengubahan sasis yang tidak sesuai standar pabrikan akan mengancam keselamatan pengendara. Cara lain yang bisa diterapkan yaitu mengubah bentuk lampu atau penambahan lampu agar motor tampil lebih keren. Akan tetapi, langkah ini menimbulkan efek samping yang mengganggu sistem kelistrikan pada kendaraan roda dua. Lakukan pemasangan lampu di bengkel yang terpercaya demi menghindari kejadian tak diinginkan seperti gangguan sistem listrik.

Setelah memodifikasi motor, segera melaporkan perubahan bentuk atau ciri khas kendaraan ke pihak polisi meskipun hanya sekedar mengganti warna bodi. Ini bertujuan untuk menghindari tindak kecurigaan aparat berwajib ketika mengadakan razia sepeda motor. Dengan demikian pengendara bisa menghindari sanksi tilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar